Cara Install cPanel di VPS Ubuntu

CARA INSTALL CPANEL DI UBUNTU 20.04


Berikut ini adalah cara bagai mana cara install cPanel di vps ubuntu 20.04 dan menurut
saya ini adalah cara paling mudah yang dapat di lakukan.

PERSYARATAN SYSTEM




Jika vps anda sudah memenuhi syarat di atas tandanya sudah siap di install cPanel
langkah selanjutnya adalah menonaktifkan firewall dan beralih ke system root
berikut adalah perintahnya: 

Copy

sudo -i


Maka Anda perlu menonaktifkan firewall yang diaktifkan sebelumnya karena akan mengganggu proses instalasi, jalankan tiga perintah berikut secara berurutan:


Copy

iptables-save > ~/firewall.rules


Copy

systemctl stop ufw.service


Copy

systemctl disable ufw.service


Step 3: Update Ubuntu

Meskipun Anda dapat menginstal cPanel di versi Ubuntu apa pun, sangat disarankan Anda melakukannya di Ubuntu 20.04. Versi ini memiliki kompatibilitas yang lebih baik dan akan memberi Anda pengalaman cPanel yang lebih baik. Gunakan baris perintah berikut untuk memeriksa dan menjalankan pembaruan terkini secara otomatis:


Copy

sudo apt update


Copy

sudo apt upgrade


Step 4: Set up a Qualified Hostname

Seperti yang telah kami sebutkan di bagian persyaratan, Anda memerlukan nama domain yang sepenuhnya memenuhi syarat. Jadi, dan ini penting, pastikan Anda memiliki nama host tersebut sebelum melakukan proses instalasi itu sendiri.



Periksa milik Anda yang sudah ada dengan menjalankan perintah berikut:


Copy

hostname


Sekarang gunakan perintah berikut untuk membuat nama host menjadi nama host yang sepenuhnya memenuhi syarat, katakanlah kita akan membuat nama host baru dengan satu perintah (ganti nama host baru dengan nama pilihan Anda sendiri):


Copy

hostnamectl set-hostname new-hostname

Copy

hostnamectl set-hostname yourserver.domain.com


Anda bahkan tidak perlu melakukan reboot dengan metode ini. Untuk memeriksa apakah perubahan diterapkan, jalankan saja perintah berikut:

Copy

hostnamectl


Step 5: Run the Installation Commands

Sekarang Anda telah menyiapkan FQDN Anda sendiri, saatnya menginstal cPanel di Ubuntu. Prosedur yang sama juga dapat digunakan untuk menginstal WHM di Ubuntu. Pertama, kita perlu membuat Sesi Shell. Ini akan membuat sesi aktif meskipun ada masalah jaringan. Login menggunakan pengguna root dan jalankan perintah:


Copy

screen


Sekarang mari kita jalankan yang besar:

Copy

cd /home && curl -o latest -L https://securedownloads.cpanel.net/latest && sh latest


Anda akan disambut dengan layar ini, yang berarti sistem sedang mengunduh dan melakukan instalasi yang akan memakan waktu beberapa menit.


Step 5:Open the Relevant Port Numbers

Untuk memastikan cPanel Anda berjalan lancar di Ubuntu, Anda perlu membuka beberapa port yang relevan untuk itu. Kami tidak akan membahas secara detail tentang cara mengakses firewall dan membuka port, Anda dapat menggunakan  untuk tujuan tersebut. Namun begitu Anda berada di pengaturan firewall, buka port 2082 dan SSL 2083 untuk menjalankan cPanel. Perhatikan bahwa jika Anda menonaktifkan firewall pada langkah sebelumnya, Anda tidak perlu membuka port. Lewati langkah ini jika itu masalahnya.


Launch cPanel and Activate Licenses 
Sekarang kami akhirnya dapat meluncurkan cPanel. Pastikan Anda berada di server root dan gunakan nama pengguna dan kata sandi root untuk login ketika layar berikut muncul:



Cari domain dan lisensi cpanel murah ke WEBRUSH aja harga paling murah seindonesia





0 comments:

Posting Komentar